BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 22 April 2010

Lagu "YESTERDAY" The Beatles diambil dari naskah kuno

Seorang produser Italia menyatakan bahwa sebuah lagu terkenal the Beatles, Yesterday, sebenarnya adalah lagu yang diambil dari sebuah lagu Neapolitan abad 19.
Lilli Greco, seorang penulis lagu kondang pada dasawarsa 1960 dan 1970-an, memainkan versi Che Vene a Dicere ciptaan Picerre di televisi Italia pada Selasa malam, DPA melaporkan.
Lagu tersebut, yang digubah di Napoli pada 1895, tampaknya mirip sekali dengan komposisi Paul McCartney.
Menurut Greco, McCartney dan sesama anggota The Beatles, John Lennon, memiliki 'pengetahuan ensiklopedi' musik dunia, dan terutama sekali menyukai lagu-lagu Neapolitan.
Direkam pada 1965, Yesterday merupakan salah satu lagu the Beatles yang amat dikenal. Menurut the Guinness Book of Records (buku catatan rekor dunia), lagu tersebut memiliki cover versions (edisi rekam ulang penyanyi lain) terbanyak ketimbang lagu apa pun yang pernah ditulis orang.

McCartney pernah mengungkapkan dirinya memimpikan balada itu saat menginap di rumah pacarnya di sebuah apartemen London, Inggris.
Biografi Beatles mengemukakan, McCartney semula merasa cemas dirinya secara tak sadar menjiplak lagu itu.
"Selama sekitar sebulan, saya berkeliling untuk menemui sejumlah orang di bisnis musik dan menanyakan apakah mereka pernah mendengar lagu itu sebelumnya," kata Paul.
"Saya kira kalau tak ada seorang pun mengakui lagu itu setelah beberapa pekan bertanya, maka saya berhak memilikinya," kata Craig Cross dalam bukunya mengutip komentar McCartney.
Bukan pertama kalinya. Hal itu bukan pertama kalinya para pakar musik menyatakan adanya kemiripan antara Yesterday dengan lagu-lagu lainnya.
Tiga tahun silam, musikologis Inggris, Spencer Leigh, mengatakan kepada BBC lagu itu tampaknya talah diilhami oleh lagu Answer Me yang dibawakan Nat King Cole.
Namun, juru bicara McCartney menepis adanya kemiripan antara Answer Me dan Yesterday. (*/dar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar